DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TRIGAMSTER PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Kartikasari, Paramita Kartikasari
JATMIKO, S.Pd, M.Pd, JATMIKO
Drs. SAMIJO, M.Pd., SAMIJO
Subject
120 Mathematics 
Datestamp
2022-09-19 08:01:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika menggunakan alat peraga Trigamaster pada pokok bahasan perbandingan trigonometri ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa kelas X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif ? kualitatif. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan 16 Maret 2022 ? 25 Maret 2022. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah dan kelas X BDPM 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar keterlaksanaan pembelajaran, (2) angket motivasi belajar siswa, (3) soal tes, dan (4) pedoman wawancara. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis secara kuantitatif yakni dengan menghitung persentase skor yang telah dinilai oleh 2 observer. Data motivasi belajar siswa dianalisis dengan menghitung skor total dan persentase dari hasil yang diperoleh melalui angket. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif melalui tes hasil belajar. Sedangkan data hasil wawancara ditranskip kemudian ditarik kesimpulan dan dipaparkan dalam bentuk naratif. Berdasarkan analisis maka diperoleh hasil sebagai berikut : (1) pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Trigamaster pada materi perbandingan trigonometri telah terlaksana dengan sangat baik yaitu dengan persentase 92,86% pada kelas X BDPM 1 sebagai kelas eksperimen dan 80,2% pada kelas X BDPM 2 sebagai kelas kontrol. (2) motivasi belajar siswa masuk dalam kategori Tinggi (T) dengan persentase 76,7% (ST+T), maka disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Trigamaster di kelas X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah adalah efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) hasil belajar siswa secara kuantitatif masuk dalam kategori tinggi (T) dengan persentase 90% (ST+T), sedangkan hasil belajar siswa secara kualitatif masuk dalam kategori Sangat Tinggi (ST) dengan persentase 80%, maka disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Trigamaster di kelas X BDPM 1 SMK Ahmad Yani Gurah secara kuantitatif dan kualitatif adalah efektif ditinjau dari hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri