DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA KADOBUDI (KARTU DOMINO BUDAYA INDONESIA) PADA MATERI KEBUDAYAAN INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Nedhianna, Urmila Sheba
Erwin, Putera Permana
ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA
Subject
603 National defence 
Datestamp
2023-02-23 04:15:08 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didasari oleh minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar dan pembelajaran masih didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kelayakan media KADOBUDI pada muatan pembelajaran IPS materi keragaman budaya Indonesia pada siswa kelas IV. 2) Untuk mengetahui kepraktisan media KADOBUDI pada muatan pembelajaran IPS materi keragaman budaya Indonesia pada siswa kelas IV. 3) Untuk mengetahui keefektifan media KADOBUDI pada muatan pembelajaran IPS materi keragaman budaya Indonesia pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik analisis data berupa instrumen angket validasi media dan materi, soal posttest, angket respon guru dan siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media KADOBUDI dinyatakan valid, dapat dibuktikan dengan hasil validasi ahli media memperoleh skor 85,4%, pada hasil validasi ahli materi IPS memperoleh skor 96%. Jadi rata-rata persentase skor yang diperoleh dari ahli media dan materi adalah 90,7% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media KADOBUDI dinyatakan praktis, dapat dibuktikan dengan hasil angket respon guru memperoleh skor 93,8%, pada hasil angket respon siswa memperoleh skor 95%. Jadi rata-rata persentase skor yang diperoleh dari angket respon guru dan siswa adalah 94,4% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media KADOBUDI dinyatakan efektif, dapat dibuktikan dengan hasil nilai posttest memperoleh skor rata-rata sebesar 86,25% dengan memperoleh ketuntasan belajar klasikal 90% termasuk dalam kriteria sangat efektif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini dapat dinyatakan media pembelajaran KADOBUDI dinyatakan valid, praktis dan efektif. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri