Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Purwaningtiyas, Nuranisya
DAMAYANTI, SUSI
PERMANA, ERWIN PUTERA
Subject
457 Computer engineering
Datestamp
2023-02-15 07:20:55
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan dan
pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran yang terjadi di ruang
kelas terdapat permasalahan dalam hal penggunaan media pembelajaran. Dalam
pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan buku
paket sebagai sarana dalam mengajar. Dampak dari masalah tersebut adalah
siswa kurang memahami isi materi pembelajaran terutama pada materi organ
pencernaan manusia. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran
Construct 2 untuk materi Organ Pencernaan Manusia. Bertujuan agar guru dan
peserta didik dapat melakukan pembelajaran dan mengakses materi setiap saat
serta membuat siswa tertarik sehingga tidak timbul rasa bosan.
Peneliti merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu kevalidan,
kepraktisan, dan keefektivan yang bertujuan 1) untuk mengetahui kevalidan
media pembelajaran Construct 2 yang digunakan. 2) untuk mengetahui
kepraktisan media pembelajaran Construct 2 yang digunakan. 3) untuk
mengetahui keefektivan media pembelajaran Construct 2 yang digunakan.
Peneliti menggunakan metode penelitian R&D serta model pengembangan
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui validasi ahli materi, ahli media.
Hasil penelitian ini adalah (1) media pembelajaran berbasis Construct 2
mendapatkan nilai rata-rata 87% dari dosen ahli materi dan ahli media, artinya
media pembelajaran yang dibuat sudah sangat valid untuk digunakan tanpa
revisi. (2) media pembelajaran berbasis Construct 2 dinyatakan praktis dan
memperoleh nilai rata-rata 88,5% artinya media pembelajaran Construct 2 yang
dibuat sudah sangat praktis digunakan. Nilai tersebut diperoleh dari angket yang
diisi guru dan siswa. (3) media pembelajaran berbasis Construct 2 dinyatakan
sangat efektif diperoleh dari rata-rata nilai siswa sebanyak 90,3% siswa
memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Jadi dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran Construct 2 ini sangat layak digunakan dalam proses
pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa pada
pembelajaran materi organ pencernaan manusia.