DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CONSTRUCT 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA PADA KELAS V SDN NGASEM 1
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Purwaningtiyas, Nuranisya
DAMAYANTI, SUSI
PERMANA, ERWIN PUTERA
Subject
457 Computer engineering 
Datestamp
2023-02-15 07:20:55 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran yang terjadi di ruang kelas terdapat permasalahan dalam hal penggunaan media pembelajaran. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan buku paket sebagai sarana dalam mengajar. Dampak dari masalah tersebut adalah siswa kurang memahami isi materi pembelajaran terutama pada materi organ pencernaan manusia. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran Construct 2 untuk materi Organ Pencernaan Manusia. Bertujuan agar guru dan peserta didik dapat melakukan pembelajaran dan mengakses materi setiap saat serta membuat siswa tertarik sehingga tidak timbul rasa bosan. Peneliti merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan yang bertujuan 1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran Construct 2 yang digunakan. 2) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran Construct 2 yang digunakan. 3) untuk mengetahui keefektivan media pembelajaran Construct 2 yang digunakan. Peneliti menggunakan metode penelitian R&D serta model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui validasi ahli materi, ahli media. Hasil penelitian ini adalah (1) media pembelajaran berbasis Construct 2 mendapatkan nilai rata-rata 87% dari dosen ahli materi dan ahli media, artinya media pembelajaran yang dibuat sudah sangat valid untuk digunakan tanpa revisi. (2) media pembelajaran berbasis Construct 2 dinyatakan praktis dan memperoleh nilai rata-rata 88,5% artinya media pembelajaran Construct 2 yang dibuat sudah sangat praktis digunakan. Nilai tersebut diperoleh dari angket yang diisi guru dan siswa. (3) media pembelajaran berbasis Construct 2 dinyatakan sangat efektif diperoleh dari rata-rata nilai siswa sebanyak 90,3% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Construct 2 ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa pada pembelajaran materi organ pencernaan manusia. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri