DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN VIDEO SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PAKEL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Shofiyu, Ahmad
ATRUP, ATRUP
Guruh Sukma Hanggara, M.Pd, Guruh Sukma Hanggara, M.Pd
Subject
720 Social science education 
Datestamp
2023-02-24 03:25:45 
Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas video senam otak dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pakel. Rumusan masalah penelitian ini adalah seberapa efektiv video senam otak dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pakel?. Dan hipotesis penelitian ini adalah video senam otak efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pakel. Dalam penelitian ini variabel terikat yaitu konsentrasi belajar dan variabel bebas yaitu menggunakan senam otak.Pendekatan penelitian adalah melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik ekperimen. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakel pada tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian dan pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner atau angket. Validitas penelitian menggunakan korelasi produk kemudian dianalisis menggunakan analisis data deskriptif persentase dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa: Ada peningkatan efektifitas konsentrasi belajar menggunakan video senam otak pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pakel. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji-t (paired sampel test) diperoleh nilai thitung dan ttabel untuk taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (7) diperoleh ttabel 2,365, nilai thitung ini 11,967 dengan signifikansi sebesar 0,000 berarti nilai thitung11,967>2,365 dengan demikian H0 ditolak. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil sebelum dan sesudah diberikan perlakuan bahwa sebelum diberikan perlakuan terdapat sebanyak 8 siswa (100%) pada kategori sedang dan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan sebanyak 5 siswa (62,5%) pada kategori tinggi dan sebanyak 3 siswa (37,5%) pada kategori sedang. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri