Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Fauzi, Irfan
SETYAWATI, SRI PANCA
KHUSUSIYAH, KHUSUSIYAH
Subject
803 Guidance and counseling
Datestamp
2023-02-18 10:38:15
Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi adanya perilaku siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat
yang menunjukan perilaku kurang sopan santun seperti tidak menegur guru saat bertemu,
tidak memperhatikan saat pembelajaran, kurangnya perilaku sopan santun berbicara
terhadap guru, tidak patuh terhadap perintah guru, tidak mengucapkan salam ketika
bertemu guru. Karena perilaku sopan santun penting dalam sebuah pergaulan maka
adanya perilaku yang kurang sopan santun menjadi permasalahan yang perlu di
selesaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik sinema
edukasi untuk memperkuat sopan santun siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar Tahun
Pelajaran 2022/2023 dengan aspek sopan santun berbahasa berperilaku menghormati.
Perilaku sopan santun merupakan kunci dalam berkomunikasi dan berinteraksi
dengan orang lain. Perilaku yang kurang sopan santun akan menjadi kendala dalam
pergaulan. Terkait dengan upaya memperbaiki perilaku kurang sopan santun guru bk
mempunyai tanggung jawab untuk memperbaikinya. Salah satu teknik yang bisa
digunakan oleh guru bk adalah teknik sinema edukasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan teknik eksperimen
dan desain One-Gruop pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data variable
perilaku sopan santun menggunakan skala perilaku sopan santun. Dari populasi sebanyak
158 siswa di pilih 40 siswa sampel. Pemilihan sampel menggunakan teknikk simple
random sampling. Analisis data menggunakan uji t test dengan paired sampel t test.
Kesimpulan hasil analisis data uji-t diketahui t hitung = 5,650 dengan t tabel pada
taraf signifikasi 5% = 2,021 sehingga 5,650 > 2,021. Karena t hitung > t tabel maka Ha
di terima. Artinya teknik sinema edukasi efektif untuk memperkuat perilaku sopan santun
siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar Tahun Pelajaran 2022/2023. Bedasarkan hasil
kesimpulan penelitian ini, memiliki saran di harapkan bagi siswa mampu berperilaku
secara sopan santun dan kepada guru bk bisa mengunakan teknik simena edukasi dalam
layanan bimbingan dan konseling sebagai layanan alternatif.