Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Mukhlis, Khaffidz Miftakhul
SETYAPUTRI, NORA YUNIAR
KRISPHIANTI, YUANITA DWI
Subject
803 Guidance and counseling
Datestamp
2023-02-17 05:45:47
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan terhadap peserta didik
kelas X di SMKN 2 Kediri adanya fenomena yang terjadi pada pesertadidik
SMKN 2 kediri yakni motivasi belajar yang rendah, efikasi akademik yang
rendah, dan adanya burnout saat belajar. Hal ini menjadi penyebab munculnya
perilaku membolos sekolah, tidak mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, tidak
mengerjakan tugas-tugas, menyontek pada saat pengerjaan soal dan mengalami
kelelahan fisik.
Tujuan penelitian ini iyalah ada hubungan antara motivasi belajar dan
efikasi akademik terhadap burnout belajar pada siswa di sekolah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitaf dengan tehnik pendekatan korelasional.
Populasi yang digunakan seluruh kelas X SMKN 1 kediri, sample yang digunakan
kelas X BPF 1` dan AKL 2 SMKN 2 kediri, yang berjumlah 70 siwa. Alat ukur
pengambilan data menggunakan skala motivasi belajar, sekala efikasi akademik,
dan sekala burnout belajar. Penguji data menggunakan SPSS 23.0
Hasil hipotesis f hitung > f tabel yaitu 6,731 > 1,994 dan sig 0,000 < 0,05
hal ini memiliki arti hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, variabel
motivasi belajar, efikasi akademik, secara simultan berhubungan positif dan
signifikan terhadap variabel burnout belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
ada hubungan yang signifika secara silmutan antara motivasi belajar dan efikasi
akademik terhadap burnout belajar. Hal ini di buktikan dengan
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) siswa
diharapkan mampu meningkatkan kemandirian belajar, dalam hal ini siswa dapat
menumbuhkan motivasi belajarnya dan menumbuhkan efikasi akademik dengan
cara mencari soal-soal baru serta belajar mandiri sehingga diharapkan dapat
membantu dalam mengukur kemampuan dirinya. (2) Diharapkan bagi peneliti
selanjutnya untuk lebih memantapkan hasil penelitian ini, perlu dilakukan
penelitian yang sejenis dengan populasi yang lebih luas dan melibatkan faktor?faktor lain yang diduga mempengarungaruhi motivasi belajar siswa dengan
menggunakan metode pengumpulan data lainya.