DETAIL DOCUMENT
Desain pembelajaran materi gerak reflek dan gerak biasa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Firdhausi, Anisa Fatimatul
SULISTIONO, SULISTIONO
SANTOSO, AGUS MUJI
Subject
771 Biology education 
Datestamp
2023-02-27 03:54:38 
Abstract :
Di Indonesia budaya literasi masih cukup rendah, belum membudaya dan belum mendarah daging di kalangan mayarakat. Masyarakat lebih mudah menyerap kebiasaan berbicara dan mendengar dibandingkan dengan membaca dan menuangkannya ke dalam tulisan. Literasi dan numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan dalam berbagai angka maupun simbol dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari ? hari lalu menganalisis informasi yang didapatkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan lain sebagainya) menginterpretasikannya sebagai sebuah prediksi atau saat mengambil keputusan. Pada hasil observasi dan wawancara pada guru Biologi di SMA Negeri 5 Kediri, diketahui bahwa siswa kurang aktif dan hasil belajar rendah dikarenakan guru pada saat mengajar masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa akan menjadi jenuh dan kurang memperhatikan pelajaran. Berdasarkan pengamatan tersebut, upaya untuk mengatasinya dengan mengembangkan desain pembelajaran berbasis literasi numerasi. Model penelitian yang dilakukan merupakan model design research type validation study. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Kediri, dengan subyek penelitian menggunakan kelas XI SMAN 5 Kediri. Peningkatan yang signifikan yaitu peningkatan pada hasil tes hasil belajar. Saat dilakukan pretest siswa mendapatkan hasil nilai yang rendah akan tetapi ketika dilakukan tahap posttest terdapat peningkatan nilai. Terdapat 16 siswa dengan kategori nilai tinggi, 14 siswa dengan nilai sedang, dan 4 siswa dengan nilai rendah. Dengan demikian penggunaan desain pembelajaran materi gerak sadar dan gerak reflek berbasis literasi dan numerasi bermanfaat bagi siswa maupun guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri