Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Geris, Firmilus Efrem
MEILINA, RESTIN
SARDANTO, RINO
Subject
571 Management
Datestamp
2023-02-27 20:55:28
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa semakin majunya teknologi dalam berbagai
bidang menuntut setiap orang atau lembaga perusahaan untuk berkompetisi dalam
rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu memperoleh keuntungan yang
maksimal dengan pengeluaran yang seminimal mungkin. Banyaknya sarana dan
prasarana penunjang usaha yang ada mengakibatkan fokus utama perusahaan lebih
ditekankan kepada upaya untuk meningkatkan pemasaran yang ditujukan untuk
memuaskan konsumen. Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat
dominan dalam pendapatan masyarakat di Indonesia karena mayoritas penduduk
Indonesia bekerja sebagai petani. Dalam melaksanakan aktivitas penjualan, harus
dapat merancang strategi pemasaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan toko
dalam menciptakan dan meningkatkan pembelian konsumen terhadap produk
tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga,
promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Toko Pertanian Green Farm
Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
hubungan kausal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 konsumen
yang pernah bertransaksi di Toko Pertanian Green Farm Kediri, yang didapat
menggunakan teknik nonprobability sampling dan dianalisis menggunakan regresi
linier berganda dengan software SPSS for windows versi 25. Kesimpulan hasil dari
penelitian ini adalah (1) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. (2) promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (3)
lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) harga,
promosi, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko
Pertanian Green Farm Kediri.