DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SWOT (STRENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES, THREATS) SEBAGAI ALAT EVALUASI STRATEGI PEMASARAN TOKO BANGUNAN SUMBER REJEKI DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI KABUPATEN BLITAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Badi'ati, Nabilatul
ZULISTIANI, ZULISTIANI
SARDANTO, RINO
Subject
560 Economics 
Datestamp
2023-08-04 06:52:11 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di tengah persaingan yang semakin ketat dalam bidang usaha toko ritel khususnya bahan bangunan, pelaku bisnis diharuskan menerapkan strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan daya saing. Dapat diketahui bahwa di Kota Blitar banyak bermunculan toko bahan bangunan baru yang bersaing ketat dengan perusahaan sejenis yang sudah lama berdiri. TB. Sumber Rejeki adalah perusahaan dagang yang bergerak dibidang ritel dengan menjual berbagai macam bahan bangunan seperti semen, cat, paku, besi dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal toko bangunan Sumber Rejeki serta mengetahui strategi pemasaran yang sebaiknya diterapkan agar meningkatkan daya saing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penitian deskriptif . Sesuai dengan penelitian kualitatif, kehadiran peneliti dilapangan adalah sangat penting karena peneliti berperan sebagai instrument kunci dalam penelitian sekaligus sebagai alat pengumpul data. Peneliti harus terlibat langsung dalam kehidupan orang-orang yang diteliti sampai pada tingkat keterbukaan antara kedua belah pihak. Tahap penelitian ini yaitu : tahap pra-lapangan, tahap proses dilapangan, tahap analisa data, tahap kesimpulan, dan tahap pelaporan hasil. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan, teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji kebsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa TB. Sumber Rejeki memiliki analisis factor internal dan eksternal berdasarkan hasil analisis SWOT yang dapat mendukung usaha. Strategi bersaing yang tepat berdasarkan posisi TB. Sumber Rejeki pada bagian diagram analisis SWOT menempati kuadran I sehingga strategi yang sebaiknya diterapkan adalah strategi agresif yang mendukung pertumbuhan, berdasarkan posisi perusahaan tersebut maka perusahaan lebih disarankan menggunakan strategi SO (Strenghts-Opportunities) yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, membangun tempat khusus untuk layanan konsultasi desain bangunan, memberikan penawaran diskon atau hadiah, dan melakukan update produk-produk terbaru. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri