Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Badi'ati, Nabilatul
ZULISTIANI, ZULISTIANI
SARDANTO, RINO
Subject
560 Economics
Datestamp
2023-08-04 06:52:11
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di tengah persaingan yang semakin
ketat dalam bidang usaha toko ritel khususnya bahan bangunan, pelaku bisnis
diharuskan menerapkan strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan daya
saing. Dapat diketahui bahwa di Kota Blitar banyak bermunculan toko bahan
bangunan baru yang bersaing ketat dengan perusahaan sejenis yang sudah lama
berdiri. TB. Sumber Rejeki adalah perusahaan dagang yang bergerak dibidang ritel
dengan menjual berbagai macam bahan bangunan seperti semen, cat, paku, besi dan
sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis lingkungan internal dan
eksternal toko bangunan Sumber Rejeki serta mengetahui strategi pemasaran yang
sebaiknya diterapkan agar meningkatkan daya saing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penitian
deskriptif . Sesuai dengan penelitian kualitatif, kehadiran peneliti dilapangan adalah
sangat penting karena peneliti berperan sebagai instrument kunci dalam penelitian
sekaligus sebagai alat pengumpul data. Peneliti harus terlibat langsung dalam
kehidupan orang-orang yang diteliti sampai pada tingkat keterbukaan antara kedua
belah pihak. Tahap penelitian ini yaitu : tahap pra-lapangan, tahap proses
dilapangan, tahap analisa data, tahap kesimpulan, dan tahap pelaporan hasil.
Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan,
teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu : reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji kebsahan temuan dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik
Hasil penelitian menunjukkan bahwa TB. Sumber Rejeki memiliki analisis
factor internal dan eksternal berdasarkan hasil analisis SWOT yang dapat
mendukung usaha. Strategi bersaing yang tepat berdasarkan posisi TB. Sumber
Rejeki pada bagian diagram analisis SWOT menempati kuadran I sehingga strategi
yang sebaiknya diterapkan adalah strategi agresif yang mendukung pertumbuhan,
berdasarkan posisi perusahaan tersebut maka perusahaan lebih disarankan
menggunakan strategi SO (Strenghts-Opportunities) yaitu mempertahankan dan
meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, membangun tempat khusus untuk
layanan konsultasi desain bangunan, memberikan penawaran diskon atau hadiah,
dan melakukan update produk-produk terbaru.