DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO BERBASIS EKONOMI KREATIF PADA PENGRAJIN ECOPRINT DI WERUNGOTOK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
prastiwi, alma wahyu
HAKIMAH, EMA NURZAINUL
RATNANTO, SIGIT
Subject
560 Economics 
Datestamp
2023-08-04 11:04:25 
Abstract :
Strategi pengembangan usaha adalah sebagian dari masalah yang sering dijumpai usaha mikro dalam mengembangkan usaha. Menurut Vanessa, strategi merupakan hal penting untuk kelangsungan hidup suatu bisnis untuk mencapai tujuan atau sasarannya secara efektif, bisnis harus dapat menghadapi setiap masalah atau hambatan yang muncul di dalam bisnis atau di luar perusahaan. Tujuan utama penelitian ini untuk menganalisis strategi apa yang sudah digunakan usaha ini serta memberikan strategi alternatif yang sesuai posisi dan situasi usaha saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan sumber data yang digunakan berupa data primer yang berasal dari data yang diberikan oleh informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model analisis SWOT. Model ini dipergunakan sebagau penentu posisi usaha dab alternatif strategi pengembangan usaha di Omah Craft Kautsar. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi strategi produk, promosi dan distribusi. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa strategi produk berdasarkan diagram SWOT berada pada kuadran I yang berarti memiliki kekuatan dan peluang besar. Alternatif strategi produk sesuai matrik SWOT yaitu strategi SO. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa strategi promosi berdasarkan diagram SWOT berada pada kuadran II yang memiliki ancaman cukup besar dari luar dan kekuatan dari dalam untuk mengatasi ancaman yang sedang dihadapi. Alternatif strategi produk sesuai matrik SWOT yaitu strategi ST. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa strategi distribusi berdasarkan diagram SWOT berada pada kuadran I yang disini berarti bahwa usaha ini memiliki kekuatan dan peluang besar. Alternatif strategi produk sesuai matrik SWOT yaitu strategi SO. 
Institution Info

Universitas Nusantara PGRI Kediri