Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Wardani, Indri Kusuma
ZULISTIANI, ZULISTIANI
DAMAYANTI, SUSI
Subject
571 Management
Datestamp
2023-08-05 21:55:19
Abstract :
Latar belakang dari penelitian ini adalah pengguna internet semakin
bertambah setiap tahunnya. Persaingan pasar membuat banyak pelaku usaha
memakai pemasaran online untuk dapat menjangkau banyak orang. Aktivitas padat
yang dimiliki banyak orang menyebabkan mereka menginginkan pembelian produk
yang sifatnya simple. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan keputusan pembelian
perlu untuk memperhatikan digital marketing, word of mouth, dan juga gratis
ongkir.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh signifikan
digital marketing terhadap keputusan pembelian pada Dapur Chubby Nganjuk
secara parsial, (2) untuk mengetahui pengaruh signifikan word of mouth terhadap
keputusan pembelian pada Dapur Chubby Nganjuk secara parsial, (3) untuk
mengetahui pengaruh signifikan gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada
Dapur Chubby Nganjuk secara parsial (4) untuk mengetahui pengaruh signifikan
antara digital marketing, word of mouth dan gratis ongkir terhadap keputusan
pembelian pada Dapur Chubby Nganjuk secara simultan.
Teknik penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu konsumen Dapur Chubby. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan sebanyak 40 responden. Teknik analisis yang
dipakai yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefiein
determinasi, uji hipotesis yang dipakai adalah uji t dan juga uji F.
Hasil penelitian (1) digital marketing berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian secara parsial dengan nilai t hitung 4,064 > t tabel 2,030, (2)
word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial
dengan nilai t hitung 2,339 > t tabel 2,030, (3) gratis ongkir berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian secara parsial dengan nilai t hitung 2,278 > t tabel
2,030, (4) digital marketing, word of mouth, dan gratis ongkir berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan dengan nilai F hitung
58,122 > t tabel 2,866.
Dapat disimpulkan bahwa (1) digital marketing berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian pada Dapur Chubby Nganjuk secara parsial, (2)
word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Dapur
Chubby Nganjuk secara parsial, (3) gratis ongkir berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian pada Dapur Chubby Nganjuk secara parsial, (4) digital
marketing, word of mouth dan gratis ongkir berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian pada Dapur Chubby Nganjuk secara simultan.