Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Novita, Gunawan
SUBAGYO, SUBAGYO
PURNOMO, HERY
Subject
560 Economics
Datestamp
2023-08-11 12:35:30
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya para pelanggan pengguna Maxim yang masih belum tercapainya harapan yang diinginkan pelanggan tersebut. Percayanya pelanggan akan merek Maxim yang masih kurang, serta kemudahan penggunaan aplikasi yang masih kurang dikarenakan dalam menentukan titik jemput pelanggan yang terkadang belum sesuai. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis ada atau tidak pengaruh secara parsial dan simultan kualitas pelayanan, kepercayaan merek, dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap kepuasan pelanggan Maxim khususnya di Kecamatan Kota, Kota Kediri. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas dengan populasinya yaitu masyarakat yang sudah menggunakan jasa ojek online sebanyak minimal 2 kali dan berusia 17-40 tahun. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik non-probability sampling yaitu random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menyebarkan kuesioner kepada masyarakat yang sudah ditentukan kriterianya. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu pengolahan data SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada variabel kualitas pelayanan, kepercayaan merek, dan kemudahan penggunaan aplikasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan Maxim. Diharapkan perusahaan Maxim untuk memperhatikan kualitas pelayanan, kepercayaan merek, dan kemudahan penggunaan aplikasi agar kepuasan pelanggan semakin meningkat.