Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Nofitasari, Diana
Zulistiani, Zulistiani
Sardanto, Rino
Subject
571 Management
Datestamp
2023-08-11 12:35:29
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam dunia bisnis customer
engagement sangat penting karena partisipasi audiens yang tinggi akan
meningkatkan hubungan yang erat dengan suatu brand. Customer engagement
yang dimaksud pada content marketing melalui platform media sosial Instagram
seperti like, comment, dan share. Semakin banyak yang menyukai, comment, dan
share pada content marketing suatu bisnis maka semakin banyak respons dan
minat yang di dapatkan dari konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui bagaimana strategi content marketing Sablon Shift untuk
meningkatkan customer engagement
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan
melalui hasil observasi, wawancara dengan dua orang dari Sablon Shift dan dua
orang dari pelanggan, dan dokumentasi sebagai pendukung data. Serta
menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, sajian data, penarikan
simpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan customer
engagemen dari Sablon Shiftt. Proses meningkatkan customer engagement
dilakukan dengan cara menganalisis strategi content marketing yang dilakukan
oleh Sablon Shift dengan memahami beberapa poin penting dari strategi content
marketing yaitu mengenai design, current event, the reading experience, timing,
dan tone. Dengan poin - poin tersebut diharapkan dapat mambantu meningkatkan
customer engagement pada Sablon Shift yang dapat berpengaruh terhadap jumlah
penjualan. Berdasarkan hasil dari penelitian, maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut Sablon Shift dalam menjalankan usahanya sudah menerapkan
strategi content marketing melalui alur perencanaan content, namun ada beberapa
aspek alur perencanaan content marketing yang dilakukan oleh Sablon Shift tetapi
masih belum maksimal sehingga customer engagement masih belum ada
perubahan dan peningkatan.