Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
PRADANA, ANTONI
ZULISTIANI, ZULISTIANI
SARDANTO, RINO
Subject
571 Management
Datestamp
2023-08-05 21:58:30
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian seperti labelisasi halal, harga, dan kualitas produk. Penelitian ini dilakukan di Prima Freshmart Nganjuk dan dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di Prima Freshmart Nganjuk
seperti label halal di kemasan produk, tidak semua konsumen tahu tentang produk tersebut halal atau tidak, untuk kualitas produk beberapa konsumen mengeluh tentang produk memiliki tekstur nugget sedikit kasar dan berukuran kecil, dan tentang harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan produk-produk sejenis lainnya.
Penedekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik penelitian kausal. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli Fiesta Chiken Nugget di Prima Freshmart Nganjuk. Data diperoleh dari konsumen Prima Freshmart Nganjuk. Jumlah sampel sebanyak 40 konsumen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket (kuesioner) dengan skala likert. Pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner, studi pustaka, dan wawancara. Teknik analisa yang dipakai dalam penelitian ini adalah asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis (uji t) nilai signifikan variabel kualitas pelayanan adalah 0,015 < 0,05 maka labelisasi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian, nilai signifikan variabel harga adalah 0,000 < 0,05 maka harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, nilai signifikan variabel lokasi adalah 0,025 < 0,05 maka kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan (uji F) nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05 maka labelisasi halal, harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil adjusted R Square bahwa besarnya pengaruh labelisasi halal, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama (simultan) adalah sebesar 67,7%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 32,3% diterangkan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulannya variabel labelisasi halal, harga, dan kualitas produk secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel labelisasi halal, harga, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.