Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas komunikasi merek pada Shampoo Hijab Safi, Wardah dan Sunsilk di Universitas Darma Persada. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner pada 100 Mahasiswi Aktif di Universitas Darma Persada. Sampel dengan menggunakan rumus slovin. Pengujian kualitas data dalam penelitian ini menggunakan uji reliabilitas. Analisis dengan menggunakan analisis CRI (Customer Response Index).
Metode yang digunakan untuk mengetahui efektivitas komunikasi merek tersebut digunakan metode Customer Response Index (CRI) yang terdiri dari lima dimensi yaitu, awareness, comprehend, interest, intention, dan action. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian komparatif. Teknik sampling yang digunakan adalah propabilty sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling.Berdasarkan hasil perkalian dari 5 tahapan variabel CRI (Customer Response Index) yaitu awareness (kesadaran), comprehend (pemahaman), interest (ketertarikan), intentions (niat untuk membeli) dan action (bertindak untuk membeli). Dari 100 responden, konsumen yang melakukan tindakan pembelian (action) pada Shampoo Hijab Safi sebesar (28%), Shampoo Hijab Wardah sebesar (45%), dan Shampoo Hijab Sunsilk sebesar (67%). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi merek Shampoo Hijab Sunsilk lebih efektif dibandingkan Shampoo Hijab Wardah, Shampoo Hijab Wardah lebih efektif dibanding Shampoo Hijab Safi, dan Shampoo Hijab Safi lebih rendah efektivitasnya dibandingkan Shampoo Hijab Wardah dan Shampoo Hijab Sunsilk.