Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis perbandingan sikap konsumen terhadap sepeda motor Honda atau Yamaha. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data dengan cara kuesioner pada 100 pengguna sepeda motor Honda dan 100 pengguna sepeda motor Yamaha. Pengujian kualitas data dalam penelitian ini menggunakan uji validatas dan realibitas. Data dianalisis dengan menggunakan alat analisis Fishbein, Semantic Differential dan Diagram Cartesius.
Hasil penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap sepeda motor Honda atau Yamah adalah positif. Adapun skor nilai yang didapat dari sikap konsumen terhadap sepeda motor Honda adalah 135,12 dan sikap konsumen terhadap sepeda motor Yamaha adalah 129,21. Setelah dilakukan analisis semantic differential sikap konsumen terhadap sepeda motor Honda lebih positif dibandingkan dengan sikap konsumen terhadap sepeda motor Yamaha. Pada diagram cartesius terdapat kuadran A dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan tetapi manajemennya belum melaksanakannya sehingga dianggap mengecewakan pelanggan pada kuadran B telah berhasil dilaksanakan perusahaan untuk dipertahankan sehingga dianggap sangat penting dan sangat memuaskan. Kuadaran C kurang penting bagi pelanggan dan pelaksanaan oleh perusahaan biasa saja dan dianggap kurang memuaskan. Kuadaran D kurang mempengaruhi pelanggan akan tetapi pelaksanaan yang dilakukan perusahaan berlebihan, di anggap kurang penting tetapi sangat memuaskan.