Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Konsumen dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamidi di Kota Poso. Adapun populasi yang digunakan adalah konsumen Alfamidi di Kota Poso. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode accidental sampling dengan sampel sebanyak 34 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data diolah dengan analisis regresi berganda menggunakan alat computer statistical program for social science (SPSS).
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 0.926 + 0.315X1 + 0.048X2 + e. Berdasarkan analisis data statistik. Setiap indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas dan berdistribusi normal. Hasil uji F menunjukan bahwa persepsi konsumen dan sikap konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai F hitung sebesar 11.791 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil pengujian hipotesis yaitu uji T membuktikan bahwa variabel independen persepsi konsumen mempunyai pengaruh signifikan sedangkan sikap konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamidi di Kota Poso Poso. Nilai T hitung variabel Persepsi Konsumen 4.150 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Nilai T hitung variabel Sikap Konsumen 0.433 dengan signifikansi sebesar 0,688 > 0,05. Koefisien determinasi R2 yang diperoleh sebesar 0.432. Hal ini berarti 43.2% keputusan pembelian ditentukan oleh variabel Persepsi konsumen dan Sikap Konsumen, sisanya yaitu 56.8% ditentukan oleh variabel lain.