Abstract :
Hasil penelitian ini adalah untuk melihat hasil efektifitas model pembelajaran circuit learning untuk menamba hasil belajar siswa pada konsep animalia siswa kelas X SMA Negera 2 Poso. Populasi dalam riset ini merupakan semua siswa kelas X MIA yang berjumlah 120 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam riset ini merupakan semuah siswa kelas X MIA1 adalah kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang dan siswa kelas X MIA2 adalah kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan siswa. Data ini dianalisis menggunakan uji-t.
Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan bantuan SPSS pada kelas kontrol dan eksperimen diperoleh hasil bahwa nilai Sig. pada tabel 9 diperoleh nilai 0,011. Sig. 0,011 < 0,05. selain itu nilai thitung > ttabel yaitu 1,801 > 1,697. Selain itu jumlah nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sangat jauh berbeda, dimana kelas kontrol memperoleh jumlah nilai 2.095 dengan rata-rata 67,58. Sedangkan untuk kelas eksperimen, memperoleh jumlah nilai 2.265 dengan rata-rata 73,06. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran circuit learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep animalia siswa kelas X SMA Negeri 2 Poso
Hasil penelitian ini merupakan hasil efektifitas model pembelajaran circuit learning buat menamba hasil belajar siswa pada konsep animalia siswa kelas X SMA Negera 2 Poso. Populasi dalam studi ini ialah seluruh siswa kelas X MIA yang berjumlah 120 orang siswa.sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah semuah siswa kelas X MIA1 merupakan kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang serta siswa kelas X MIA2 merupakan kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Selandjutnya data dianalisis memakai uji- t.
Hasil uji hipotesiss yang telah dicoba dengan dukungan SPSS pada kelas kontrol serta eksperimen diperoleh hasil kalau nilai Sig. pada tabel 9 diperoleh nilai 0, 011. Sig. 0, 011< 0, 05. tidak hanya itu nilai thitung ttabel adalah 1, 801
1, 697. Tidak hanya itu jumlah nilai antara kelas eksperimen serta kelas kontrol sangat jauh berbeda, dimana kelas kontrol mendapatkan jumlah nilai 2. 095 dengan rata- rata 67, 58. Sebaliknya buat kelas eksperimen, mendapatkan jumlah nilai 2. 265 dengan rata- rata 73, 06. Dengan demikian bisa disimpulkan kalau model pendidikan circuit learning efisien tingkatkan hasil belajar siswa pada konsep animalia siswa kelas X SMA Negara 2 Poso