Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat break even Hotel Wisata Poso pada penjualan jasa sewa kamar tahun 2019, yang meliputi penjualan jasa sewa kamar VIP dan Delux. Analisis ini bertujuan untuk meghitung tingkat penjualan dimana hasil penjualan sama dengan total semua biaya variabel dan biaya tetapnya artinya impas tidak rugi dan tidak untung. Dalam menghitung break even point pada Hotel Wisata Poso penulis menggunakan pendekatan marjin kontribusi. Untuk mengalokasikan biaya tetap dan biaya variabel serta mengetahui sales mix dan product mix ter hadap 2 tipe kamar penulis menggunakan metode nilai jual relatif.
Hasil Penelitian Menunjukan bahwa pada tahun 2019 Hotel Wisata Poso mengalami Break Even Point pada volume penjualan sebesar Rp.73.895.720 atau sebanyak 497 unit kamar. Namun pada perhitungan sales mix terdapat kerugian pada kamar VIP yang hanya terjual sebanyak 83 kamar yang seharusnya penjualan minimum berada pada angka minimal penjulan 97 kamar. Untuk Perencanaan tahun 2020, Analisis break even dapat digunakan oleh pihak manajemen hotel sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan laba sebesar 37.220.019 atau setara dengan penjualan 876 unit kamar, serta mengetahui bahwa Margin Of Safety dari Perencanaan Laba tersebut adalah 43,16% .