Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation kombinasi Examples Non Examples terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem kelas X di SMA Negeri 2 Poso. Motode penelitian yang di gunakan ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Poso dengan kelas X MIA_2sebagai kelas Eksperimen dan kelas X MIA3 sebagai kelas Kontrol. kelas X MIA_2 sebagai kelas Eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi yang dikombinasikan dengan Model Examples Non Examples, Sedangkan kelas X MIA3 diberikan perlakuan Konvensional.
Analisis data mengunakan uji-t diperoleh hasil t_hitung > t_tabel yaitu
4,551 < 0,05. Maka hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation yang dikombinasikan dengan Examples Non Examples terhadap hasil belajar siswa.