DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA CV.METRO SUKSES MAKMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Mangintung, Medina
Subject
HF5410 Marketing 
Datestamp
2021-07-28 01:41:57 
Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kabupaten Poso dengan mengambil objek penelitian pada CV Hero Sukses Mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada CV Hero Sukses Mandiri. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan data mengenai biaya promosi dan volume penjualan dan peneliti mengambil sampel untuk 3 tahun terakhir yakni biaya promosi dan omset penjualan tahun 2014, 2015 dan 2016. Selanjutnya teknik statistik untuk analisa data menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS versi 16. Dari hasil perhitungan regresi linear sederhana didapat hasil yang dapat ditulis dengan rumusan Y=219646.687 + 0,023 X. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai koefisien arah regresi (b) adalah positif. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai koefisien arah regresi (b) adalah positif. Hal ini menunjukkan bahwa apabila variabel biaya promosi tingkat 1 satuan maka nilai Y mengalami kenaikan 0,023 rupiah. Hal ini menjelaskan bahwa kenaikan nilai variabel (x) memberikan kontribusi peningkatan pada nilai Y. Selanjutnya hasil analisis koefisien determinasi (R²) menunjukkan nilai sebesar 0,723 yang berarti biaya promosi memberikan pengaruh sebesar 72.3% terhadap volume penjualan. Adapun analisis koefisien korelasi (R) antara variabel biaya promosi dengan variabel omset penjualan pada tahun 2014 dan 2016 perkalian hasil sebesar 0,850 yang berarti memiliki kekuatan hubungan kuat. Sehingga dapat disimpulkan terdapat yang signifikan antara biaya promosi dan volume penjualan CV Hero Sukses Mandiri. Adapun peningkatan yang terjadi terhadap penjualan yang dilakukan perusahaan juga masih dipengaruhi oleh aktivitas penjualan perusahaan, kegiatan distribusi, kegiatan promosi, perusahaan kualitas atau mode, dan penentuan harga jual produk, serta daya beli konsumen dan selera masyarakat 
Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso