Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Trisiana, Nyoman Ayu Vinda
Subject
L Education (General)
Datestamp
2021-10-27 07:39:19
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa SMA dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips terhadap hasil belajar siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Teknik analisis data yaitu data Reduction, data Display dan kesimpulan terhadap jurnal yang telah terbit pada tahun 2017-2019 yang merupakan data sekunder.
Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa SMA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips mengalami peningkatan dan mencapai angka ketuntasan minimum (KKM). Ketuntasan yang dicapai 83,33%-97% dan disetiap siklus pembelajaran mengalami peningkatan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa serta mempengaruhi keaktifan belajar, cara berpikir, kemampuan kolaboratif, kepercayaan diri, kecakapan berbicara. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Taking Chips dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditingkat SMA.