Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru IPA dalam pelaksanaan pembelajaran daring disekolah SMP dan SMA Kecamatan Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Poso Pesisir, SMPN 4 Poso Pesisir, SMPN 1 Poso Pesisir Selatan, SMPN Satap Pantangolemba, dan SMAN 1 Poso Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara yaitu dengan cara membagikan lembar wawancara kepada responden guru IPA terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Subjek penelitian ini adalah semua guru IPA di SMP dan SMA Kecamatan Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan yang berjumlah 9 orang, data dianalisis berdasarkan dengan hasil wawancara yang diperoleh.
Temuan penelitian ini menunjukan bahwa hambatan-hambatan yang dialami guru dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran daring yaitu: kesulitan dalam penyusunan materi pembelajaran yang relevan, hambatan dalam penggunaan aplikasi pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran, pemahaman siswa, penyampaian materi pembelajaran, kuota dan jaringan internet, ketersediaan fasillitas belajar (Handphone), penilaian hasil belajar dan pengawasan. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran daring ini guru mengalami banyak hambatan sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.