Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan
hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan melalui metode
karyawisata dikelas VII MTs Alkhairaat Tegalrejo jenis penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa
kelas VII sebanyak 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, lembar angket
kemampuan kolaborasi siswa, serta tes hasil belajar siswa diakhir siklus. Data
dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menghitung presentase nilai rata
rata.
Temuan hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi peningkatan aktivitas
guru dan siswa, kemampuan kolaborasi serta hasil belajar dari pra siklus ke siklus
I dan ke siklus II. Pada pra siklus nilai rata rata 63% dan ketuntasan klasikal 20%.
Siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal 70%, daya serap klasikal 73%,
persentase nilai rata rata aktivitas guru sebesar 65% kategori (cukup baik),
persentase nilai rata rata aktivitas siswa sebesar 62% kategori (cukup baik), dan
persentase kemampuan kolaborasi siswa sebesar 72% kategori (cukup baik).
Selanjutnya Pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal 91%, daya serap
klasikal 82%, persentase nilai rata rata aktivitas guru sebesar 92% kategori (sangat
baik), aktivitas siswa sebesar 87% kategori (baik), dan kemampuan kolaborasi
siswa sebesar 86% kategori (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh
maka disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran karyawisata dapat
meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa pada konsep
pencemaran lingkungan kelas VII MTs Alkhairaat Tegalrejo.