Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengetahui problematika yang di hadapi oleh guru
dalam Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi di SMPN I Poso.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Subyek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian data
dianalisis deskriptif kualitatif.
Temuan hasil penelitian menjelaskan bahwa Problematika pernerapan
kurikulum merdeka disekolah oleh kepala sekolah terdapat beberapa masalah
yaitu: (1)Kurang pelatihan terhadap guru dari pemerintah(2)Kesulitan penerapan
kurikulum merdeka belajar. Probelmatika Penerapan Kurikulum merdeka pada
Guru IPA terdapat pada beberapa masalah yaitu: (1)Kurang melakukan Tanya
jawab saat melakukan diskusi kelompok.(2)Guru kurang menguasai materi
pembelajaran disebab pembelajaran kurikulum merdeka sedikit berbeda dengan
kurikulum 2013.(3)Kesulitan membuat modul ajar.(4)Kesulitan melakukan
penilaian formatif dan sumatif.(5)Kesulitan dalam menyesuaikan kurikulum 2013
ke kurikulum merdeka.(6)tidak memiliki pengalaman kurikulum
merdeka.(7)kesulitan guru menerapkan kurikulum merdeka.(8)siswa belum
mampu menguasai materi pembelajaran yang ditentukan oleh guru.(9)Sarana
pembuatan media video yang masih kurang dalam menyesuaikan karakter siswa.
Berdasarkan hasil skripsi dapat disimpulkan bahwa problematika pembelajaran
kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi di SMPN I Poso masih memiliki
banyak kendala dalam Penerapannya.