Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan
komunikasi dengan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran
biologi di SMP Negeri 5 Poso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus setiap siklus
terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 18 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi.
Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh bahwa pada siklus I
diketahui 8 siswa yang tuntas dengan ketuntasan belajar 44,4%, dan nilai rata-rata
64,4%. Sedangkan pada siklus II diketahui 18 siswa yang tuntas dengan
ketuntasan belajar 100% dan nilai rata-rata 84,4%. Kemudian kemampuan
komunikasi siswa pada siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu
dari 62,5% menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
dan hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi pada manusia kelas VIII SMP
Negeri 5 Poso.