Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan strategi Kepala Desa dalam
meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor Desa Taunca Kecamatan Poso
Pesisir Selatan Kabupaten Poso terhadap warga masyarakat sebagai tugas dari
seorang Kepala Desa serta faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi Kepala Desa
dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Taunca Kecamatan
Poso Pesisir Selatan Kabupaten Poso. Ada pun metode penelitian yang saya
gunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala desa dalam meningkatkan kualitas
pelayanan publik di Kantor Desa Taunca Kecamatan Poso Pesisir Selatan
Kabupaten Poso terhadap warga masyarakat. Dilihat dari 4 indikator yaitu,
pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi
dan pengendalian. Dari empat indikator dalam strategi kepala desa tersebut salah
satu diantaranya yaitu implementasi strategi tidak terlaksana secara optimal
sehingga hal itu mempengaruhi strategi Kepala Desa dalam meningkatkan
kualitas pelayanan publik di Desa Taunca Kecamatan Poso Pesisir Selatan
Kabupaten Poso.