Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan
pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
siswa kelas X di SMA Negeri 1 Poso. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri
1 Poso Kecamatan Poso Kota Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest control group design.
Sampel penelitian yang digunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah
siswa kelas X yaitu 65 siswa. Data dianalisis dari tes essai dengan menggunakan
uji t dan uji n-gain berbantuan SPSS For Windows Versi 26.
Hasil penelitian diperoleh nilai thitung> ttabel (6.813 > 1.692) dan
signifikansi 2-tailed sebesar 0,000. sehingga diputuskan untuk menolak H0 dan
menerima H1. Hasil uji N-Gain menunjukan persentase nilai pada kelas kontrol
diperoleh 22% dengan (kategori tidak efektif) dan pada kelas eksperimen rata-rata
nilai n-gain diperoleh 78% dengan (kategori efektif). Dengan demikian, dapat
disimpulkan model pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap peningkatan
kemampuan berpikir kreatif pada materi pencemaran air dikelas X di SMA negeri
1 poso.