Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan literasi
digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi sistem
pencernaan manusia di SMA Negeri 3 Poso. Penelitian ini dilaksanakan di SMA
Negeri 3 Poso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest control group. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas XI D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah
34, dan siswa kelas XI E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34. Instrumen
penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa yaitu
menggunakan tes uraian. Data dianalisis menggunakan uji t independent sample t?
test dengan bantuan aplikasi SPSS for Windows versi 26.
Temuan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis
siswa di kelas kontrol sebesar 78 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis di
kelas eksperimen sebesar 87. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikasi (2-
tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga diputuskan untuk menerima H1 dan
menolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penerapan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada
materi sistem pencernaan manusia di SMA Negeri 3 Poso.