DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP GKST POSO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
TORODJO, DWI GIAN CARLOS
Subject
Q Science (General) 
Datestamp
2024-08-08 02:17:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP GKST Poso. Penelitian ini dilaksanakan di SMP GKST Poso Kecamatan Poso Kota Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One ? Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX dengan jumlah siswa 22 orang. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan di analisis dengan uji T-test menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 8.846 > 2.086 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, yang Artinya H0 ditolak, H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP GKST Poso. 
Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso