Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas IX Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP GKST Poso.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP GKST Poso Kecamatan Poso Kota Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain One ? Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas
IX dengan jumlah siswa 22 orang. Data diperoleh dengan menggunakan
instrumen tes dan di analisis dengan uji T-test menggunakan aplikasi SPSS versi
26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 8.846 >
2.086 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, yang Artinya H0 ditolak, H1 diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas
IX Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP GKST Poso.