Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPA di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Poso. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Temuan hasil penelitian tentang kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPA diperoleh hasil: 1)kurangnya pemahaman terkait penerapan kurikulum merdeka belajar 2) kesiapan rencana pembelajaran mengalami kesulitan dalam penyusunan modul ajar 3) proses pembelajaran dilakukan secara bertahap, menyesuaikan dengan kurikulum merdeka belajar 4) kesiapan sarana dan prasarana sudah baik, namun perlu peningkatan terhadap fasilitas-fasilitas pendukung proses pembelajaran 5) telah melaksanakan penilaian formatif dan sumatif sesuai dengan kurikulum merdeka belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru IPA kelas VII belum maksimal dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPA di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Poso dan masih perlu pelatihan terkait penyusunan modul ajar.