Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI C SMA
Negeri 3 Poso pada materi tumbuh kembang mahkluk hidup. Metode yang di
gunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan pendekatan
kuantitatif dan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini
menggunakan sampel dengan jumlah 34 siswa yaitu kelas XI C. Instrumen
penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa yaitu
menggunakan uji one sampel test dengan bantuan aplikasi SPSS for Windows
versi 16.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa
kelas XI C yaitu nilai Pretes sebesar 40, nilai maksimum 70 dan nilai minimum
20. Sedangkan nilai Posttest sebesar 76,6, nilai maksimum 95 dan nilai minimum
55. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05,
sehingga diputuskan untuk menerima H1 dan menolak H0. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI
C SMA Negeri 3 Poso pada konsep tumbuh kembang mahkluk hidup.