Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi kelas dan pola
interaksi yang dominan digunakan di dalam sebuah kelas EFL di English
Language Skill (ELS)-Poso English course. Untuk menganalisis data, peneliti
menggunakan teori Ur (1996) mengenai pola interaksi kelas. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan observasi,
wawancara, dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data. Subjek penelitian
ini adalah satu orang tutor dan 8 orang peserta didik level dua di English
Language Skill (ELS)-Poso English Course. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat tujuh pola interaksi yang digunakan di kelas level dua, yaitu; kerja
kelompok, pertanyaan terbatas guru (IRF-IRE), kerja individual, tanggapan
bersama, inisiatif siswa-jawaban guru, interaksi kelas penuh, dan pertanyaan
terbuka dan tertutup guru. Pola interaksi yang dominan digunakan di kelas level
dua adalah kerja kelompok dan tanggapan bersama.