DETAIL DOCUMENT
STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARDS THE USING OF TIKTOK IN LEARNING ENGLISH AT SMAN 4 POSO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
BOLENDEA, SRI FEBRIANI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-08-19 02:31:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan TikTok dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA 4 Poso. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriftif. Responden pada penelitian ini adalah 64 siswa kelas 11 SMA 4 Poso. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teori tipe persepsi dari Catherine (2009) yang membagi persepsi menjadi persepsi positif dan persepsi negatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki positif dan negatif persepsi terhadap penggunaan TikTok dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dari hasil kuesioner siswa menujukkan positif persepsi dengan persentase rata-rata sebesar 77,10% berkategori kuat. Selanjutnya melalui wawancara para siswa memberikan persepsi positif dan negatif. Persepsi positifnya adalah siswa dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya terutama dalam pengucapan dan kosakata dan juga siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar bahasa Inggris. Persepsi negatifnya adalah siswa menyatakan penjelasan dalam video terlalu cepat, durasi video terkadang terlalu pendek, dan ada kendala jaringan. 
Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso