Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Poso pada konsep animalia dengan menggunakan model pembelajaran kreatif-produktif menggunakan media visual. Jenis penelitian ini adalah suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Poso yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, serta tes hasil belajar diakhir siklus. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menghitung daya serap individu, daya serap klasikal dan . ketuntasan belajar klasikal dan secara kualitatif dengan menghitung persentase nilai rata-rata aktivitas guru dan aktivitas siswa.
Hasil penelitian Pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 75% (cukup) dan aktivitas siswa sebesar 64,28% (kurang), daya serap klasikal sebesar 68,69% dan ketuntasan belajar klasikal 78,26%. Dan pada siklus II diperoleh persentase nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 86,53% (baik) dan aktivitas siswa sebesar 89,28% (baik), daya serap klasikal sebesar 89,78% dan ketuntasan belajar klasikal 100% (tuntas). Dari hasil penelitian yang diperoleh disimpulxan bahwa penerapan model pembelajaran kreatif-produktif menggunakan media visual pada konsep animalia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Poso.