Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengamh Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Kombinasi Concept Mapping di SMA Negeri 1 Ulubongka yang diterapkan dikelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA B yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol yang merupakan total sampling pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara statistik.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran two stay two stray kombinasi concept mapping yaitu 88,5, sedangkan metode pembelajaran konvensional yaitu 79,33. Hasil perhitungan nilai t diperoleh thitung > t tabel, t hitung = 3,589, ttabel - 2,002. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengarul) metode pembelajaran two stay two stray kombinasi concept mapping terhadap' kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA pada konsep ekosistem di SMA Negeri 1 Ulubongka.