Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana kualitas produk,
harga, dan lokasi mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pabrik Tahu
Tempe Puna Jaya Poso. Metode sampel yang digunakan adalah Probability
Sampling dengan melibatkan 72 responden. Data yang terkumpul dianalisis
menggunakan teknik Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis data statistik dilakukan dengan
menggunakan indikator yang valid dan variabel yang reliabel. Pengujian asumsi
klasik menunjukan bahwa model regresi multikolonieritas dan berdistribusi
normal. Persamaan regresi yang dihasilkan ialah Y = 1,698 + 0,115X1 + 0,531X2
+ 0,259X3 + e, dengan Rsquare sebesar 0,699 atau 69,9%. Uji hipotesis menunjukan
bahwa variabel kualitas produk, harga, dan lokasi secara singnifikan
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dengan nilai Fhitung sebesar
52,585 dan nilai singnifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji hipotesis lebih lanjut
menujukan bahwa variabel produk tidak berpengaruh singnifikan (nilai thitung =
0,111 > 0,05), sementara variabel harga dan lokasi berpengaruh singnifikan
(masing-masing dengan nilai thitung 0,000 < 0,05 dan 0,008 < 0,05). Koefisien
determinasi R2 sebesar 0,699 manunjukan bahwa 69,9% variasi dalam keputusan
pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga, dan lokasi,
sementara sisanya 30,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Analisis juga menunjukan
koefisien korelasi antara variabel independen dan dependen sebesar 0,836,
manunjukan hubungan yang kuat antara variabel independen dan variabel
dependen.