Abstract :
Tujuan Penelitian untuk mengatahui pengaruh variabel Metode pembayaran dan Kemudahan berbelanja terhadap Minat Beli Konsumen pada Marketplace shopee. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui program Statistical Program For Social Science (SPSS) versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data statistik memiliki indikator yang valid dan variabel yang reliabel. Dalam pengujian asumsi klasik, model regresi tidak mengalami multikolinieritas, tidak ada heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 4,192 + 0,220X1 + 0,364X2 + e dengan nilai R-square sebesar 0,580 atau 58,0%. Uji hipotesis menunjukkan bahwa dalam uji F, variabel Metode Pembayaran dan Kemudahan Berbelanja berpengaruh signifikan dengan nilai Fhitung sebesar 3,278 dan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Uji hipotesis lanjutan menunjukkan bahwa variabel Metode Pembayaran berpengaruh signifikan dengan nilai 0,001 < 0,05, sedangkan variabel Kemudahan Berbelanja juga menunjukkan hasil signifikan dengan nilai 0,000 < 0,05.