Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi santri Pondok Modern Darussalam
Gontor Kampus Putri terhadap bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar atau bahasa
utama. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode
survei. Responden dalam penelitian ini adalah 44 santriwati kelas 3 Kulliyatu-l Muallimat
Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor. Pengumpulan data dilakukan melalui
kuesioner. Kuesioner yang digunakan berdasarkan teori dari Ahmad Noor (2020). Hasil
dari penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Kampus
Enam di Kabupaten Poso memiliki persepsi positif terhadap bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar, berdasarkan kuesioner. Siswa menggunakan bahasa Inggris di kelas,
mengakui pentingnya sebagai bahasa pendidikan, dan menghargai keterampilan guru
dalam berbahasa.