Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter kelas VIII SMP Negeri I Ulubongka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 42 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan B yang diambil dengan nenggunakan teknik Purposwe Sampling. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 21.
Temuan hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen memiliki hasil posstest yang lebih tinggi dengan nilai ketuntasan rata-rata sebesar 87. Sedangkan kelas control hanya memiliki nilai rata-rata sebesar 79. Hal ini dikarenakan model Investigasi Kelompok menekankan pada pengalaman langsung melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Padaa hasil pofaitungan t tabel yaitu t hitung 3,456 > t tabel 2,02108 sehingga diputuskan untuk menerima Ha. Pada penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap model pembelajaran yang menggunakan model Investigasi Kelompok berbasis pendidikan, karakter terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri I Ulubongka Sehingga angat efektif untuk digunakan.