Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep ekosistem kelas X di SMA Negeri 2 Poso. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Poso yang berjumlah 102 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa test, menggunakan teknik analisis uji-t. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (2,960 > 1,997 ). Dengan demikian, dapat disimpulkan batiwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep ekosistem kelas X di SMA Negeri
2 Poso.