Abstract :
Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap prestasi belajar siswa materi pencemaran lingkungan siswa di SMP Negeri 2 Poso Kota. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Poso Kota yang berjumlah 66 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan undian nomor ganjil-genap. Kelas eksperimen 33 orang siswa dan kelas kontrol 33 orang siswa. Selanjutnya data dianalisis menggunakan aplikasi SPSSversi windows 21. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata menggunakan model pembelajaran problem solving lebih tinggi dibanding nilai dengan model pembelajaran langsung jumlah rata-rata nilai problem solving sebesar 88, sedangkan jumlah rata-rata nilai model pembelajaran langsung sebesar 76. Selain itu hasil uji hipotesis bahwa nilai thitung 5,795 > ttabei 1,683. Dengan demikian pada penelitian ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha. sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan di kelas VII di SMP Negeri 2 Poso Kota.