Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Lore Utara dan mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri l.Lore Utara jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif sedangkan tipe penelitian bersifat deskritif.tehnik pengumpulan data di gunakan tetnik Observasi,Wawancara dan Dokumentasi Informan yang di gunakan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang dan di tetapkan dengan menggunakan teori dari John Minner (1988 : 72) yaitu Kinerja Guru hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan 4 indikator yang ada pada penelitian maka dapat di simpulkan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikandi SMA Negeri 1 Lore Utara adalah: Tepat Waktu,Kualitas Kerja,Kuantitas Kerja dan Kerja Sama.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, faktor penghambat Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Lore Utara yaitu peraturan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik kompentensi guru dan pengalaman kerja.