Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter, aktivitas, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis karakter pada proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana setiap sjklusnya terdiri dari 4 tahap diantaranya; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Satap Ueralulu dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan persentase observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 48,61 % dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 83,61% dengan kategori sangat baik. Karakter siswa terdiri dari 6 sub indikator pengamatan, karakter yang paling menonjol pada siklus I yaitu disiplin siswa diperoleh persentase 41% dengan kategori kurang, pada siklus II karakter paling menonjol sama dengan siklus I yaitu disiplin siswa diperoleh persentase 81,55% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan klasikal dari siklus I yaitu 22,22% dengan kategori kurang, pada siklus II meningkat 88,88% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis karakter pada konsep Pencemaran Lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Satap Ueralulu.