Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan yaitu Bukti Fisik (Tangible), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Ressponsiveness)), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy) terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Bengkel Motor Sinar Jaya Motor Kabupaten Poso. Tempat penelitian adalah di Bengkel Motor Sinar Jaya Motor Jalan Pulau Seram Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Data yang digunakan adalah Data primer dan data sekunder . teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi,
Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variable X1, X2, X3 ,X4, X5. Tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena nilai sig lebih besar dari alfa 0,05. Sedangkan hasil uji secara parsial variable X1, X2 , X3, X4, X5 tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan . Nilai Koefisien Regresi sebesar 0.652 atau 65.2% berada pada kategori kuat. Nilai koefisien determinasi R2 yaitu sebesar 0.532. Nilai tersebut dapat di artikan bahwa 53,2% dari variabilitas kepuasan pelanggan pada Bengkel Motor Sinar Jaya Motor Kabupaten Poso dapat di jelaskan oleh variabilitas bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Sedangkan sisanya sebesar 46,8% yang tidak diteliti dalam penelitian ini.