Abstract :
Penelitian ini bextujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan kredibilitas secara simultan maupun parsial terhadap loyalitas pelanggan pada Catering Lisya Poso. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan Catering Lisya Poso. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu metode accidental sampling. Jumlah sampel penelitian berjumlah 32 responden. Pengujian penelitian dilakukan dengan analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilftas, uji asumsi klasik, analisis regresi tinier berganda, uji hipotesis (uji F dan uji t) dan uji koefisien detenninasi (R2).
Berdasarkan uji F bahwa variabel Kompetensi dan kredibilitas secara Bersama-sama (simultan) berpenganih signifikan terhadap variabel Loyalitas pelanggan (sig F 0,04 < a 0.05). Hasil uji t variabel XI yakni kompetensi tidak berpenganih signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (sig t 0,885 > a 0.05) sedangkan variabel X2 yakni Kredibilitas berpenganih signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (sig t 0,035 < a 0.05) . Nilai R2 (R Square) sebesar 0,169. Angka ini menjelaskan bahwa kontribusi kompetensi dan kredibilitas terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 16,90% dan sisanya 83,10% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.