Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing pada konsep klasisifikasi makhluk hidup terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Poso Pesisir Utara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang beijumlah 82 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB dengan jumlah siswa 27 orang, Kelas VIIC dengan jumlah siswa 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Selanjutnya data dianalisis menggunakan rumus uji t melalui aplikasi SPSS versi windows 21.
Temuan hasil penelitian menunjukkan nilai kelas eksperimen diperoleh nilai rata-fata kelas sebesar 76 dan kelas kontrol sebesar 63. Hasil anaiisis statistik diperoleh nilai t hitung> t tabel 13.554 > 1,980. Dengan demikian pada penelitian ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing pada konsep klasifikasi mahkluk hidup terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Poso Pesisir Utara.