Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Reciprocal Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Pengambilan sampel dilakukan secara Random sampling yaitu siswa kelas VIII C yang berjumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A yang berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan pengujian persyaratan analisis, yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Temuan hasil penelitian ini diperoleh adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Reciprocal Learning terhadap kreatif siswa konsep sistem pernapasan manusia kelas VIII di SMP Negeri I Poso Pesisir. Hal ini ditunjukkan dari hasil, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikasi 0,01 < 0,05. Dengan demikian pada penelitian ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Reciprocal Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep sistem pernafasan manusia kelas VIII di SMP Negeri 1 Poso Pesisir.