Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk Deas Bakery di kota Poso. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan dua variabel. Objek penelitian yang menjadi variabel bebas adalah kualitas produk (X1) dan harga (X2) serta keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Deas Bakery di kota Poso. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling (pengambilan sampel secara sengaja) terhadap 30 orang yang membeli produk Deas Bakery di Kota Poso. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Melalu uji-t dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai sig 0,04<0,05 dan t
3,162>2,05183. Harga juga berpengaruh secara positif terhadap keputusan
pembelian produk Deas Bakery di kota Poso dibuktikan dengan nilai sig
0,0110,05 dan nilai t 2,749>2,05183. Didapati pula melalui uji F bahwa secara
simultan terdapat pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan
pembelian dengan sig 0,0000,05 dan F 22,685>3,34. Adapun koefisien
determinasi darj penelitian ini adalah sebesar R2= 0.627 yang artinya pengaruh
variable XI dan X2 terhadap Y adalah sebesar 62,7%, sedangkan sisanya sebesar
37,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Koefisien korelasi
sebesar R=0,792 menunjukan bahwa keeratan hubungan antara kualitas produk
dan hafga terhadap keputusan pembelian adalah kuat. Simpulan dari penelitian ini
adalah baik kualitas produk maupun harga yaitu sama-sama memiliki hasil yang
positif terhadap keputusan pembelian produk Deas Bakery di kota Poso.