Abstract :
Yang menjadi tujuan daripada penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kedudukan Sekretaris Kelurahan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Kelurahan (2) untuk mengetahui kewenangan Sekretaris Kelurahan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kelurahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Yuridis Normatif. Penulisan skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan undang-undang (statute approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekretaris Kelurahan mempunyai kedudukan sebagai unsur staf yang membantu Kepala Kelurahan dalam menjalankan togas Pemerintahan Kelurahan, dimana dalam kedudukannya sebagai unsur staf yang membantu Kepala Kelurahan sekretaris kelurahan mempunyai tugas pokok membantu Lurah dalam menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan pelaksanaan pengelolaan administrasi umum, sarana dan prasarana, kerumahtanggaan, keuangan, kepegawaian, kehumasan, organisasi dan tata laksana serta melaksanakan pelayanan teknis administratif kepada unsur satuan organisasi Pemerintahan Kelurahan.